Cari Tahu Mengenai Fakta Pada Museum Louvre?

Tahukah kalian dengan museum yang satu ini ? dimanakah tempat museum ini ? ini merupakan salah satu museum terkenal yang ada di Paris, Perancis. Dimana museum ini juga bisa disebut sebagai salah satu monument yang bersejarah sekaligus sebagai museum seni terbesar yang ada di dunia. Tahun 2018 lalu, ada sebuah riset mengenai data pengunjung yang mengunjungi museum ini.

Dimana tahun 2018 lalu sekitar 10,2 juta menjadi pengunjung terbanyak yang sudah memasuki museum Louvre ini. dimana memang museum ini merupakan salah satu museum yang paling banyak untuk dikunjungi di dunia.  Didalamnya si isi sekitar 38.000 ( tidak tahu jika sudah menambah lagi) benda dari zaman-zaman prasejarah hingga menyentuh abad ke 21. Dimana benda ini dipamerkan di area dengan luas 72,735 meter persegi dari museum Louvre ini sendiri.

Namun, terlepas dari hal itu kalian juga harus mengetahui beberapa fakta yang terdapat pada museum Louvre ini. berikut ini, sekilas fakta yang bsia kita berikan ke kalian semua mengenai Museum Louvre.

#1 Memiliki Fungsi Sebagai Benteng Pertahanan Pertama Kali

Zaman dulu masih termasuk kedalam zaman raja-raja yang mengatur negara Paris, Perancis. Dimana pada Zaman ini, sebelum Raja Philip II dari Perancis melakukan keberangkatan menuju perang salib di tahun 1190, dia pun menyuruh pasukannya yang ada untuk membangun sebuah benteng pertahanan di pinggiran Sungai Seine. Tepat sungainya di perbatasan Paris. Benteng ini sendiri memiliki parit dan juga menara pertahanan. Dimana didalamnya juga terdapat penjara untuk orang jahat dan roang yang tidak diinginkan.

Seiring dengan berjalannya waktu, konstruksi pun berubah seiring Urbanisasi ke kawasan sana. Di tahun 1500an, raja Perancis I untuk emmbangun istana kediaman di loksi yang sama. Raja Perancis sendiri merupaakn seorang pecinta seni. Sehingga disana kebanyakan koleksi milik barang-barang Raja Perancis dan menjadi cikal bakal museum di tahun 1973.

#2 Pernah Menjadi Salah Satu Tempat Tinggal Seniman

Sebelum dibuka umum sebagai Museum Louvre, museum ini berfungsi sebagai tempat tinggal dari Para Seniman. Tahun 1608, Henri IV menawarkan kebeberapa seniman studio untuk ruang tinggal meeka di museum Louvre ini. disana para seniman bebas untuk melakukan memahat, emlukis, serta juga bisa untuk membuat beberapa karya seni lainnya. namun di abad ke 18, seniman liar sudah semakin banyak masuk ke Louvre sehingga membuat banyak properti menjadi berantakan. Dan akhirnya Louvre pun ditutup sebagai tempat tinggal untuk para seniman.

#3 Sang Napoleon Pernah Merubah Nama Museum

Raja Napoleon Bonaparte saat menjadi raja di tahun 1804 pernah mengganti nama Louvre, menjadi Napoleon Musee. Dia pun juga menggantungkan lukisan Mona Lisa dikamarnya. Hal ini akhirnya berlangsung hingga jatuh tahtanya di tahun 1815.

#4 Lukisan Monalisa Disana Pernah Ilang

Tahun 1911, menjadi momen pertama lukisan monalisa untuk dipamerkan dan saat dipamerkan ternyaat lukisan Monalisa ini hilang untuk di curi. Dan Museum Louvre saat itu ditutup selama 1 minggu. Bahkan pelukis dari Spanyol, Pablo Picaso, yang ada disana pun juga pernah di periksa namun akhirnya juga di bebaskan. Inilah yang membuat akhirnya Monalisa lukisan yang banyak diperbincangkan karena hilang di curi dan akhirnya jadi dikenal oleh banyak orang mengenai lukisan yang satu ini.

Kemudian di 2 tahun selan jutnya, diketemukan Lukisan Monalisa setelah salah satu dari pencuri berusaha untuk menjual lukisan tersebut. kembalinya Monalisa diumumkan di koran-koran membuat semakin terkenalnya lagi Lukisan Monalisa ini.

#5 Diizinkan Untuk Mereplikakan Karya Seni Di Louvre

Biasanya beberapa museum tidak megizinkan karya seninya untuk di replika oleh para pengunjung. Namun, nyatanya hal ini tidak di berlakukan untuk museum Louvre ini. di tiap harinya tepat pukul 09.30 hingga 13.30 , siapapun yang minat boleh untuk menyalin, mengkopi atau juga mereplika berbagai amcam akrya seni lukis yang ada di museum Louvre.

Mereka biasanya lebih suka dalam objek lukisan dibandingkan dengan mereplika karya yang lainnya. dengan begitu para pengunjung juga bisa mendapatkan sebuah wawasan di balik karya seni yang telah di pebuatnya itu.