Fakta Museum MACAN, Museum Baru yang Instagramable Abis!

Seiring dengan berjalannya perkembangan zaman dan juga teknologi sekarang ini banyak sesuatu yang indah dapat terjadi. Biasanya jika selama ini museum selalu identik dengan sejarah dan juga tempat untuk belajar, belum lama ini muncul museum Art yang sedang digandrungi oleh anak muda karna keunikannya. Menjadi salah satu destinasi wisata yang baru dan unik yang dibuka di Jakarta. Namanya, adalah Museum MACAN. Eits, tapi isi di dalam museum ini sama sekali ga ada macannya loh. Nama macan dalam museum ini sendiri diambil dari singkana Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara.  Museum yang sekarang ini tengah menjadi hits di tengah anak mudah dan juga sosial media khususnya di instagram.

Fakta Menarik Dari Museum MACAN

Museum ini menawarkan hal yang beda dan unik dari museum pada umumnya, dalam museum ini sendiri ada banyak sekali spot foto yang sangat unik dan juga pastinya sangat instagramable untuk tempat kamu berfoto. Tapi tau ga apa aja sih fakta menarik lainnya tentang museum ini, jika kamu belum tau yuk simak beberapa fakta menarik museum MACAN di bawah ini. Museum MACAN sendiri adalah meseum pertama di indonesia yang mempunyai koleksi seni modern dan juga seni kontemporer setara internasional yang digabung menjadi satu menjadi sebuah kesatuan yang cukup unik dan juga menarik. 

Ada Sekitar 90 Karya

Museum ini juga museum yang menampilkan ada sekitar 90 karya dari seni rupa modern yang ada Indonesia dan juga seni kontemporer yang berasal dari seluruh dunia. yang di rangkai menjadi salah satu tempat yang indah namun kaya akan nilai seni. Ke-90  dari karya seni tersebut adalah biasanya disebut sebagian dari 800 karya seni yang juga telah dikumpulkan oleh para kolektor seni dan juga sekaligus dari pengusaha Indonesia, yaitu Haryanto Adikoesoemo, sang penggagas museum MACAN ini sendiri.

Infinity Mirrored Room

Salah satu karya seni yang menjadi favorit di dalam museum MACAN ini adalah, ‘Infinity Mirrored Room’ di mana karya seni ini berasal dari seorang pemain sbobet88 yaitu adalah seniman Jepang, yaitu Yayoi Kusama. Karya seni ini bukan hanya indah untuk dilihat namun sarat tentang seni. Infinity Room sendiri adalah sebuah instalasi seni berupa sebuah ruangan di mana di dalam ruangan tersebut adalah cermin dan juga bola lampu yang akan menghasilkan keindahan ilusi optic seakan kita berada di ruangan besar yang penuh dengan cahaya lampu warna warni. Seperti yang kita juga tau dari foto namun ternyata karya Infinity Room luasnya hanya berukuran sekitar 1 x 2 meter. Untuk masuk ke dalam ruangan tersebut juga, pengunjung nantinya hanya akan diberikan waktu yaitu selama 30 detik. Bahkan jika sedang sangat ramai meseum ini, pengunjung hanya akan diberikan waktu selama 20  menit saja ! saking favoritnya tempat dan karya seni ini pernah terjadi antrian untuk masuk ke dalam Infinity Room sampai harus antri selama kurang lebih 2 jam. Namun jika tidak ke Infinity Room mungkin rasanya memang seperti belum ke museum macan. Jadi gunakan waktu 30 detik berharga itu untuk dapat mengatur kemampuan berfoto, jangan sampe kamu nyesel foto yang dihasilkan di dalam sana malah jelek dan keburu males buat antri ulang lagi. 

Mengganti Koleksi Berkala

Museum Macan sendiri selalu mengganti beberapa koleksi seni dalam waktu yang berkala. Jadi kalau pada saat kamu pergi kesana tapi kok beda dengan yang berada di Internet, bisa jadi karya seni  yang sebelumnya dipamerkan sudah ganti lagi. Beberapa waktu lalu saat pergi kesana, karya seni yang dipamerkan adalah karya Matter and Place yaitu enam karya dari seni dan juga instalasi dari berbagai seniman Indonesia dan juga internasional diantaranya ada seniman Andra Matin, FX Harsono, Geneivieve Chua, Shooshie Sulaiman, Danh Vo, dan juga Theaster Gates .

Karya Seniman Indonesia

Selanjutnya adalah karya seni berupa lukisan-lukisan seperti lukisan  ‘Hari-hari di Cicadas’ karya Jaihan. Lalu juga ada Main Getah/Rubberscape  karya Shooshie Sulaiman yaitu dimana sebuah ruang seni terdapat daun-daun karet dan juga tanah, di sana anak-anak nantinya bisa berkreasi. Kemudian Infinity Room-Briliance of the  Souls karyanya Yayoi Kusama. Tidak hanya itu saja musim ini juga menyediakan beberapa store kecil yang menjual beberapa buku dan juga barang-barang yang sangat lucu. 

Harga tiket

Harga tiket untuk dapat masuk ke Museum Macan ini berkisar antara Rp50.000 untuk harga orang dewasa, dan Rp40.000 untuk pelajar,juga Rp30.000 untuk anak usia 3-12 tahun. Pembelian tiket jika kamu ingin pergi kesana bisa bisa langsung membeli tiket ini di tempat atau juga pesan melalui websitenya langsung di www.museum macan.

Waktu Buka

Museum Macan buka pada hari Selasa sampai dengan Minggu, dari pukul 10.00-18.00. Kalau kamu kesana tujuannya hanya untuk nambah-nambahin feed instagram, usahakan untuk membawa kamera handphone yang bagus ya karena untuk dapetin foto yang bagus jangan harap kamu bisa pakai kamera DSLR ataupun kamera sejenisnya karena di museum MACAN ini dilarang untuk membawa masuk kamera dengan alasan karena kamera sendiri cahayanya bisa mempengaruhi benda seni. Mengambil gambar dengan menggunakan sebuah tongsis pun dilarang. Jadi tidak usah repot-repot untuk membawa macam-macam sebab nantinya juga tas kalian pun wajib  untuk dititipkan ke tempat penitipan.

Terkenal Lewat Sosial Media 

Museum Macan sendiri juga dikenal lewat sosial media, walaupun kebanyakan yang mengincar dari museum ini hanya ini mengincar spot fotonya saja namun Museum Macan sendiri dapat memberikan ruang edukasi dan juga memberikan kesan bahwa tidak selamanya museum itu menjadi tempat yang membosankan. Museum MACAN sendiri sudah merubah cerita mesum menjadi salah satu tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi. Berangkat dari sini, juga mungkin pengunjung akan berpikir untuk tidak pergi ke museum karna membosankan. Walaupun tujuan bukan untuk mencari sebuah pengetahuan. Namun setidaknya pengunjung yang datang ke museum ini dapat membaca sedikit keterangan yang ada pada koleksi museum sehingga menambah pengetahuan dalam sebuah karya seni. 

Seni kontemporer

Seni kontemporer dan juga merupakan seni modern yang ditampilkan pada museum MACAN menjadi sebuah karya seni yang juga tidak hanya terbatas pada sebuah lukisan saja tapi juga menampilkan sebuah gaya kontemporer pada sebuah lukisan dengan berbagai macam medium dan juga teknik dan juga seni instalasi yang cukup mengagumkan. Museum MACAN sendiri juga tidak hanya sekedar tempat yang digunakan untuk menampilkan sebuah karya seni, da juga menjadi sebuah ajang untuk tempat berfoto, mesum ini juga bisa dipakai menjadi salah satu sarana edukasi untuk anak sekolah seniman dan juga para penikmat seni lainnya. Karna meusem ini juga menampilan beberpa silksytrasi yang juga sarat dengan makan. 

Itulah beberapa fakta menarik tentang mesum macan, semoga fakta ini bisa menjadi gambaran untuk anda yang ingin mengunjungi museum tersebut. Mesum sendiri bisa menjadi tempat yang tepat untuk berlibur dan juga mengedukasi anda.