Museum Dinosaurus Terbaik di Dunia

Film berjudul Jurassic World telah diputar hampir lebih dari 4.200 bioskop di seluruh dunia. Film tersebut telah mengenalkan kembali kepada para penonton tentang kisah bencana manusia bertemu dengan dinosaurus.

Jurassic World menjadi sebuah film yang telah berhasil memecahkan rekor sebagai sebuah film dengan pendapatan tertinggi yang ada di dalam sejarah, yaitu 511.800.000 dollar AS selama kurang lebih sepekan. Dengan film tersebut, penonton akan dibawa untuk menjelajah kehidupan dinosaurus. Di luar film, kehidupan “kadal” mengerikan ini tentunya dapat dilihat dari berbagai museum lewat peninggalan berupa tulang-tulang.

Museum Dinosaurus Terbaik di Dunia

Jika kita melihat sekilas tentang film tersebut, tentunya tidak sama dengan di dunia nyata. Para ilmuwan yang ada di kehidupan nyata belum dapat membangkitkan kadal mengerikan dari sebuah DNA nyamuk, mereka baru-baru ini juga kita menemukan sisa-sisa apa yang tampak seperti sel darah merah dan juga jaringan lunak di dalam fosil dinosaurus berumur 75 juta tahun.

Tapi mereka mengatakan itu akan lama sebelum taman bertema “Jurassic Park” menjadi sebuah hal yang layak. Untungnya sekarang sudah ada banyak museum yang ada seluruh dunia yang dapat di kunjungi dengan aman kita kunjungi. Berikut ini, beberapa museum dinosaurus terbaik yang ada di dunia, seperti yang dilansir oleh CNN travel.

Museum für Naturkunde (Berlin)

Museum sejarah alam yang lokasinya berada di Berlin mengoleksi berbagai tulang-tulang dinosaurus yang sebagian digali dari wilayah Tanzania pada abad ke-20, dan di museum ini juga menampilkan berbagai macam spesies dari dinosaurus. Koleksi yang paling mengesankan adalah Brachiosaurus, dinosaurus tertinggi yang ada di dunia, yakni dengan tinggi 12,49 meter.

Koleksi tersebut berhasil meraih gelar Guinness World Record. Berhasil mendominasi jajaran galeri yang dalam peringkat-peringkat atas. Museum ini juga memiliki fosil Archaeopteryx yang menjadi salah satu bukti terpenting hubungan antara burung dan juga dinosaurus.

Field Museum (Chicago)

Pameran museum bertajuk “Evolving Planet” menjadi salah satu bentuk dedikasi terhadap sebuah evolusi dari makhluk-makhluk berumur empat miliar tahun yang lalu. Museum ini menyajikan fosil dinosaurus dari tempat terjauh, seperti Madagaskar dan juga Antartika.

Daya tarik museum yang satu ini ada pada pintu masuk, yaitu Sue, Tyrannosaurus dinosaurus terbesar di dunia yang siap menyambut pengunjung museum. Dinosaurus yang mereka tampilkan di museum ini, merupakan spesies yang luar biasa dengan tengkorak asli, memiliki berat kurang lebih 300 kilogram, dan mempunyai 58 gigi. Koleksi ini dipamerkan di balkon museum dan dilengkapi informasi tentang dinosaurus tersebut.

Royal Belgian Institute of Natural Science (Brussels)

Museum ini memiliki ruang koleksi terbesar yang ada di dunia, berisikan kerangka fosil beserta dengan cetakan-cetakan tulang. Koleksi yang paling menarik di museum ini adalah 30 Iguanodons, dinosaurus kedua yang diklasifisikan hidup pada tahun 1800-an.

Dinosaurus tersebut adalah salah satu dari jenis yang sulit dipahami dan membuat para ahli paleontologi mengira jika di hidungnya terdapat sebuah tanduk. Penyajian interaktif di ruang galeri juga dapat menjelaskan secara detail mengenai proses dari fosilisasi dan penggalian sebuah fosil dinosaurus.

National Dinosaur Museum (Australia)

Museum daftar s128 ini adalah salah satu tempat untuk mengetahui zaman prasejarah yang ada di Australia. Tempat ini memiliki fosil dinosaurus terbesar di Australia. Selain fosil, tulang, dan juga jejak kaki yang mengesankan dari segala macam hewan purba, museum ini juga memiliki taman dengan patung dinosaurus yang sangat mengagumkan.

Tidak hanya itu saja, museum ini juga menghadirkan beberapa atraksi seperti penggalian fosil, acara pembelajaran anak-anak, dan tur pada akhir pekan. Museum ini mampu menarik 200.000 wisatawan per tahun dan menjadikannya sebagai salah satu dari lokasi atraksi wisata terbesar di Australia.

Museum Paleontologi Royal Tyrell (Kanada)

Di dalam museum ini terdapat lebih dari 130.000 fosil yang memenuhi pusat penelitian di paleontologis, termasuk juga kerangka asli Tyrannosaurus “Black Beauty” dengan keunikan warnanya, yang berkilau gelap. Salah satu dari area rekreasinya mengetengahkan Albertosaurus, berupa kumpulan tulang yang terdiri dari 22 spesimen yang ditemukan di Alberta.

Salah satu bentuk penghormatan bagi Joseph Tyrell, yang menemukan hewan karnivora tersebut pada tahun 1884. Museum ini juga menyajikan berbagai harimau bergigi pedang yang menyerang gajah serta taman hidup yang menyuguhkan sebuah gambaran kehidupan selama periode Cretaceous di Alberta. Pengunjung juga dapat melihat paleontolog bekerja di laboratorium, menyiapkan tulang fosil, antara lain fosil Ankylosaurus yang ditemukan di dalam area pertambangan Kanada.

Pusat Dinosaurus Wyoming (Wyoming)

Daya tarik utama yang ada di museum ini adalah Supersaurus setinggi 106 kaki. Museum ini juga telah memperoleh Archaeopteryx terlengkap yang ada di dunia (setelah di Archaeopteryx) dan menawarkan kerangka dari Triceratops, Stegosaurus dan Velociraptor, dalam segala macam pose dinamis.

Zigong Dinosaur Museum, China

Museum Dinosaurus Zigong merupakan salah satu dari museum besar yang telah dibangun di Dashanpu Dinosaurus Fauna yang terkenal di dunia. Ini juga merupakan sebuah museum dinosaurus yang cukup profesional pertama di China dan merupakan satu dari tiga museum dinosaurus terbesar yang memiliki situs pemakaman terbesar di dunia.

Meliputi area seluas 66.000 meter persegi, Zigong Dinosaur Museum memiliki koleksi spesimen fosil yang hampir mencakup semua spesies dari dinosaurus yang dikenal dalam Jurassic 205-135 juta tahun lalu. Hal tersebut juga yang membuat Museum Dinosaurus Zigong dianggap sebagai sebuah “museum dinosaurus terbaik di dunia” oleh lembaga American Global Geography Magazine.

Jurassic Land, Istanbul

Jurassic Land yang mulai dibuka pada September 2011 dan berdiri di lahan seluas 10 ribu meter persegi, di dalamnya menampilkan 70 dinosaurus animatronik. Museum ini akan memberi Anda pengalaman seperti kembali ke dalam era prasejarah dan juga berhasil membuat pengunjung betah sekaligus juga mendapatkan ilmu dengan cara yang mengasyikan. Museum ini menggabungkan fiksi, fantastis sejarah,dan hiburan berbasis panduan lengkap dengan metode pengajaran berdasarkan pengalaman yang terjadi sesungguhnya.

Jurassic Land dinobatkan sebagai museum terbaik yang ada di dunia karena fasilitas yang diberikan tidak hanya sekedar menambah ilmu pengetahuan dan dinosaurus sja. Namun juga mereka memberikan beberapa fasilitas hiburan yang sangat lengkap seperti Hunter Laser Game, Jura Activity Center, Studio Effect 6D, dan juga fasilitas lainnya.

American Museum of Natural History, New York

Salah satu koleksi fosil dinosaurus terbesar yang ada di museum ini. Di dalam Hall of Saurischian Dinosaur terdapat kelompok besar dari dinosaurus. Anda nantinya akan melihat bagaimana wujud dari Apatosaurus dan Tyrannosaurus rex. Selain fosilnya, terdapat juga berbagai fotografi dan rekaman video berisi hasil eksplorasi sejarah paleontologi di dalam museum ini.

Demikian itulah beberapa museum Dinosaurus terbaik di dunia yang sudah kami rangkum untuk anda. Jika anda ingin merasakan liburan yang berbeda saat mengunjungi sebuah museum, maka anda bisa mengunjungi museum dinosaurus yang kami rekomendasikan diatas. Terimakasih.