Tokoh Indonesia di Museum Madame Tussauds

Banyak orang tentunya sudah mengetahui akan Museum Madame Tussauds. Museum ini merupakan suatu tempat yang menyimpan banyak bentuk replika para tokoh terkenal dari seluruh dunia yang dibuat dari lilin. Museum ini memiliki bangunan yang besar dan pada mulanya didirikan oleh seorang wanita bernama Marie Tussauds. Ia adalah seseorang yang bekerja untuk membuat patung lilin bagi keperluan tertentu. Pertama kalinya museum ini didirikan yaitu bertempat di London, Inggris. Museum ini terus mengalami perkembangan hingga di masa kini telah tersebar ke banyak kota-kota besar lainnya yang ada di seluruh dunia.

Pada umumnya sosok yang akan dijadikan replika patung lilin merupakan aneka macam tokoh besar dari seluruh dunia. Para tokoh yang dipilih bisa berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pemimpin negara, tokoh besar, artis, hingga kalangan yang memberi dampak besar bagi banyak orang. Tidak hanya memajang patung lilin biasa, patung yang dibuat replikanya dalam museum ini memiliki tingkat kemiripan yang nyaris sama persis bagai pinang dibelah dua dengan tokoh aslinya. Bahkan seringkali saat mereka disandingkan bersamaan keduanya tampak seperti sosok kembar yang nyaris tidak bisa dibedakan. Maka sudah pasti para pemahat patung lilin ini merupakan orang yang sangat berkualitas dalam bidangnya.

Pada umumnya terdapat spesifikasi tertentu dari para sosok yang di buat patung replika untuk dipajang di museum ini. Banyak para tokoh-tokoh ini yang terkenal akan prestasi maupun popularitasnya sehingga ditetapkan untuk dibuat patung replikanya. Meskipun museum ini belum didirikan di Indonesia, namun ada beberapa sosok terkenal yang berasal dari Indonesia juga turut dibuat replika patung lilinnya untuk menghiasi museum ini. Hingga masa kini telah terdapat 5 tokoh Indonesia yang terdapat patung lilinnya disana. Untuk dapat mengetahui akan para tokoh ini, mari kita simak pembahasannya yang dibahas di artikel ini.

 

1. Jokowi

Orang nomor satu Indonesia ini termasuk kedalam sosok yang dibuat patung lilinnya di galeri Madame Tussauds. Lokasi cabang museum tempat beradanya ‘sosok Jokowi’ berlokasi di Hong Kong dan telah dibuat sejak tahun 2017. Patung lilin Jokowi dibuat dengan gaya outfit yang khas digunakannya yaitu kemeja putih simple. Senyuman yang juga menjadi ciri khas dari Jokowi mengembang menyambut para pengunjung yang datang ke museum tersebut untuk berfoto bareng. Patung Jokowi ini dirancang dengan berpose seperti sedang menggulung lengan baju kemejanya yang panjang, dimana hal ini identik dengan kebiasaan sosok Presiden Indonesia ke-7 yang menjabat hingga 2 periode ini.

Patung Jokowi terlihat sangat mirip seperti sosok aslinya dengan bentuk detail serupa seperti sosok aslinya, dimulai dari garis wajah sampai senyum sumringah sang Presiden. Tertulis papan keterangan di samping patung lilin Jokowi yang mendeskripsikan Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia ke-7 yang dikenal dengan teknik blusukan sehingga membuatnya lebih dekat dan dicintai para rakyat. Selain di Hong Kong, patung Jokowi juga dipajang di Museum Madame Tussauds Singapura.

 

2. Soekarno

Jokowi bukan hanya Presiden satu-satunya yang dibuatkan patung lilin di Museum Madame Tussauds. Sebelumnya sudah ada sosok Presiden lain yang juga memberi kesan kuat dari Indonesia kepada masyarakat luas. Sosok Soekarno yang menjadi Presiden pertama dari Indonesia bahkan di buatkan 3 macam patung lilin replikanya yang menghuni 3 cabang di 2 negara sekaligus, yakni di Singapura, Thailand dan Hong Kong. Sejak 24 September 2012 lalu, patung Soekarno diresmikan di Bangkok, Thailand. Posenya di 3 replika ini berbeda-beda di setiap museumnya, namun identik dengan busana seragam sama yang menjadi ciri khasnya. Ketiga patung Soekarno juga mengenakan peci hitam yang menjadi ciri khasnya.

Pada tahun 2012, patung Ir. Soekarno sudah terpajang di 3 cabang museum secara sekaligus, yaitu di Hongkong, Thailand, dan Singapura. Kemudian disusul dengan patung lilin Presiden RI Joko Widodo yang diciptakan sejak tahun 2017, menemani Presiden Ir. Soekarno yang menjadi Presiden RI pertama di kancah tokoh politik yang terkenal memberi dampak di dunia. Mereka berdiri di depan latar belakang yang bergambarkan nuansa Candi Borobudur. Di samping Jokowi, patung Soekarno berdiri tegak mengenakan seragam putih dan kopiah hitam yang menjadi ciri khasnya. Madame Tussauds menyebut Ir. Soekarno sebagai tokoh yang berjasa dalam menegakkan kemanusiaan, demokrasi dan nasionalisme bagi warganya pada saat masa kemerdekaan awal Indonesia.

 

3. Anggun

Anggun merupakan penyanyi Indonesia pertama yang sukses masuk dalam jajaran patung lilin Madame Tussauds. Patung Anggun diresmikan tahun 2016, di Bangkok. Ia bisa terpilih karena menjadi penyanyi Indonesia yang sukses menembus pasar Internasional melalui album di 33 yang dirilisnya di berbagai negara yang berbeda. Penyanyi Anggun C. Sasmi juga menjadi penyanyi berdarah Indonesia pertama yang dibuatkan patung dan dipajang di Museum Madame Tussaud Bangkok.

 

4. Rudy Hartono

Bulu tangkis adalah salah satu cabang olahraga andalan Indonesia. Banyak sekali pebulutangkis handal yang lahir di Indonesia, salah satunya Rudy Hartono. Karena kehebatannya seperti membawa Indonesia ke empat gelar Piala Thomas secara berturut-turut dan All England Championships tujuh kali berturut-turut, Rudy pun akhirnya dibuatkan patung lilin di Madame Tussauds yang berada di Singapura. Bersamaan dengan patung lilin Presiden ke-7 Indonesia yaitu Joko Widodo. 

Sosok Rudy Hartono menjadi atlet bulutangkis yang telah memberi kontribusi berupa prestasi yang luar biasa. Ia berhasil menyabet 4 macam piala Thomas yang dicapainya secara berturut-turut. Tak hanya itu Rudy Hartono juga menjadi atlet bulutangkis yang berhasil meraih kejuaraan All England Championship hingga sebanyak 7 kali dalam waktu yang beruntun. Sosoknya yang diwujudkan dalam patung lilin replika mengenakan baju olahraga sejenis polo shirt berwarna putih dengan pose sedang memegang raket bulutangkis seperti sedang beraksi di lapangan dengan kok yang sedang ditepisnya di atas raket tersebut.

 

5. Agnez Mo

Belakangan datang suatu informasi baru yang juga membanggakan bagi Indonesia. Seorang sosok artis internasional yang bernama Agnez Mo juga turut dibuatkan patung lilinnya yang terletak di museum Madame Tussaud Singapore. Agnez Mo juga termasuk kedalam jajaran tokoh terkenal dari Indonesia yang dibuatkan patung lilin di museum tersebut.

Pada 8 November tahun 2019, sejumlah tim pakar dari Madame Tussaud akan berangkat ke Los Angeles untuk bertemu langsung dengan Agnez Mo. Pertemuan tersebut bertujuan untuk pengukuran lebih rinci seputar ukuran tubuh Agnez Mo yang akan dibuatkan patung. Agnez Mo sendiri merasa senang saat informasi tersebut disampaikan kepada dirinya. Kehormatan ini disebutnya sebagai suatu langkah dari kondisi yang ada di Singapura dalam menampilkan sosok ikon populer dengan berbagai penampilannya.

Segenap tamu yang berkunjung ke lokasi itu juga dapat merepresentasikan visual dari penampilan Agnez Mo yang beragam dibenaknya masing-masing. Berita ini juga disambut dengan baik oleh sang diva yang disampaikan pada halaman sosial media miliknya. Agnez Mo menjadi sosok artis berdarah Indonesia kedua yang dibuatkan patung dan dipajang di Museum Madam Tussaud, dimana tepatnya petung ini berada di Singapura. Berikut lima tokoh besar dari Indonesia yang berhasil terkenal hingga dibuatkan patung lilinnya di Madame Tussauds. Demikian rincian informasi seputar 5 tokoh besar yang terkenal hingga dibuatkan patung lilinnya di museum internasional Madame Tussauds. Bagaimana pendapat anda seputar kiprah para tokoh terkenal ini di mata dunia?